Supplier Pipa HDPE - Info Pipa HDPE

Mesin Penyambung Pipa HDPE Dengan Metode Electro Fusion

Mesin Penyambung Pipa HDPE Dengan Metode Electro Fusion! Saat sudah sampai proses pemasangan juga instalasi pipa, memang akan ada kondisi di mana kamu harus menyambung pipa Kondisi itu bisa karena berupa tinggi atau rendahnya pipa, lokasi atau medan pemasangan pipa dan lain sebagainya. Untuk penyambungan pipa memang penting agar pemasangan pipa bisa dilakukan dengan baik.

Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan penyambungan pada pipa. Salah satunya adalah metode Electro Fusion. Untuk metode ini, biasa digunakan pada daerah-daerah yang sulit dan pada perbaikan instalasi atau repairing mulai dari diameter  20 mm sampai dengan 400 mm.

Cara menyambungnya, menggunakan mesin penyambung pipa HDPE Electro Fusion. Karena sambungan pada pipa yang memakai mesin ini akan mempunyai kekuatan dua kali lipat jika dibandingkan dengan kekuatan pipanya sendiri. Sebab, pada metode Electro Fusion membungkus semua bagian yang disambung. Jadi, untuk ketebalan bagian yang disambung akan lebih tebal dibandingkan dengan bagian yang lain.

Sistem yang digunakan untuk penyambungan metode Electro Fusion ini sudah dilengkapi dengan built-in heating element. Metode ini pula dihubungkan dengan alat untuk peleburan otomatis. Proses yang dipakai pada metode Electro Fusion dapat memanfaatkan aliran listrik yang bisa membuat pipa menjadi panas kemudian menyatu dengan pipa yang lain.

Untuk proses penyambungan dengan mesin penyambung pipa HDPE metode Electro Fusion, pertama kamu harus dapat membersihkan pipa bagian dari ujung pipa yang hendak kamu sambungkan. Selanjutnya kamu bisa memasang Electro Fitting pada ujung pipa. Langkah selanjutnya kamu bisa menghubungkan electrode pada Electro Fusion ke Electro Fitting, yang kemudian bisa kamu hidupkan. Persenyawaan pada sambungan ini apabila sudah terhubung akan menyala lampu indikator yang berwarna kuning.

Ada beberapa hal juga yang harus kamu perhatikan ketika melakukan metode penyambungan. Kamu harus memastikan bahwa pipa HDPE yang akan kamu sambung terikat dengan posisi yang lurus dan juga benar. Setelah posisi pipa telah benar seperti sseharusnya, kamu baru bisa melakukan proses penyerutan dan pada proses ini pula berguna untuk meratakan bagian pada ujung pipa dengan fitting yang akan disambung.

Setelah pipa sudah merata, baru kamu bisa melakukan proses pemanasan dengan mesin  penyambung pipa HDPE yang dilakukan dengan suhu yang kurang lebih 220 derajat celcius. Untuk perkiraan waktunya disesuaikan dengan diameter pipa yang hendak kamu sambung. Sesudah proses pemanasan, kedua ujung dari pipa didorong kemudian disambungkan. Kamu harus benar-benar memperhatikan proses ini dengan baik dan juga benar. Tujuannya, agar sambungan pada pipa menyambung dengan sempurna.

Langkah terakhir ialah proses pendinginan untuk pipa yang sudah dipanaskan. Untuk bagian sambungan, bisa dibiarkan selama beberapa lama agar bagian yang dipanaskan itu bisa mengeras seperti tubuh pipa pada umumnya. Apabila kamu melakukan prosedur dengan baik dan benar selama proses penyambungan, pasti akan membuat pipa menyatu dengan baik.

Untuk proses penyambungan seperti metode ini dengan memakai mesin penyambung pipa HDPE, ditambah dengan bahan pipa HDPE yang mempunyai ikatan molekul yang kuat pula, akan membuat pipa menjadi bertahan lebih lama sampai berpuluh-puluh tahun. Bahkan, bisa mencapai 50 tahun dengan proses yang minim dan juga biaya perawatan yang tidak terlalu mahal. Pada intinya, kamu harus benar-benar memperhatikan segala halnya mengenai proses penyambungan.

Itulah ulasan mengenai mesin penyambung pipa HDPE dengan metode Electro Fusion yang bisa kamu lakukan untuk proses penyambungan. Kamu juga bisa mendapatkan bahan dan alat yang lengkap di CV. Karya Pelita. Semoga artikel ini bermanfaat.

error: Content is protected !!