Supplier Pipa HDPE - Info Pipa HDPE

Mengetahui Perbedaan Pipa HDPE dan Pipa PE

Posted by on May 17, 2019 in blog | Comments Off on Mengetahui Perbedaan Pipa HDPE dan Pipa PE

Pipa merupakan salah satu material bangunan yang banyak dibutuhkan sebagai penyalur air, membuat saluran pembuangan, dan lain sebagainya. Mayoritas pipa yang digunakan di tanah air adalah pipa HDPE dan pipe PE. Kedua jenis pipa ini dianggap memiliki kualitas yang terbaik untuk digunakan.

Pipa HDPE dan pipa PE berasal dari bahan baku yang sama, yakni polyethylene. Bahan ini merupakan bahan plastik yang sangat kuat, khas, serta tidak menyebabkan pencemaran oleh bahan yang terkandung di dalamnya. Polyethylene atau polietilen adalah bahan thermoplastik, sehingga tahan kondisi lingkungan yang ekstrim sekitar 60 derajat Celcius, memiliki daya keretakan rendah, elastis, namun tetap kokoh dan kuat. Meskipun di suhu yang ekstrim, polietilen tidak akan menyebabkan pencemaran senyawa kimia tertentu.

Karena sifat polietilen tersebut, selain digunakan sebagai bahan baku pipa saluran air, polietilen juga digunakan sebagai bahan baku untuk berbagai produk seperti peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, perlengakapan makan, dan mainan anak. Dengan menggunakan bahan baku ini, maka berbagai produk tersebut dapat sesuai dengan standar food grade dan standar baku mutu lingkungan.

Perbedaan Pipa HDPE dan Pipa PE

Pipa yang banyak digunakan dalam pembangunan adalah pipa HDPE dan pipa PE. Keuda pipa ini telah teruji memiliki berbagai keunggulan, sehingga banyak pengembang yang memilih pipa HDPE dan pipa PE dalam pembangunan proyeknya.

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa pipa HDPE dan pipa PE memiliki bahan baku atau bahan dasar yang sama. Namun demikian, meskipun memiliki bahan dasar yang sama, yakni polietilen, pipa HDPE dan pipa PE memiliki perbedaan yang cukup nyata. Adapun perbedaan pipa HDPE dan pipa PE adalah sebagai berikut:

  • Perbedaan Pipa HDPE dan Pipa PE: Pipa PE

Pipa merupakan pipa dengan bahan baku polietilen yang kuat, elastis, dan memiliki kekuatan yang sangat baik. Pipa PE memiliki bahan dasar polietilen yang masih tergolong medium (Medium Density Polyethylene). Pipa PE ini sering disebut dengna Pipa PE-80 yang memiliki kelenturan lebih tinggi dari pada pipa HDPE.

Penggunaan pipa PE sering direkomendasikan untuk saluran gas bertekanan.

  • Perbedaan Pipa HDPE dan Pipa PE: Pipa HDPE

Sedangkan, pipa HDPE merupakan pipa yang berbahan dasar polietilen dengan kualitas yang lebih kuat dibandingkan pipa PE. Pipa HDPE sering disebut dengan Pipa PE-100. Bahan PE-100 ini telah banyak digunakan untuk membuat produk peralatan rumah tangga, peralatan makan, dan peralatan bayi, sebab bahannya yang berkualitas, tidak mudah rusak dan tidak menyebabkan pencemaran senyawa berbahaya.

Adapun penggunaan pipa HDPE sering direkomendasikan untuk saluran air bertekanan, air bersih, dan air untuk dikonsumsi. Sebab, bahan pipa HDPE telah teruji tidak mudah rusak dan tidak menyebabkan pencemaran meskipun pada kondisi lingkungan yang ekstrim. Keistimewaan lainnya dari pipa HDPE adalah kuat terhadap tekanan.

Dengan adanya pipa HDPE ini, bisa menjadi solusi bagi pembangunan saluran pipa air bersih atau air konsumsi. Pipa HDPE mampu memberikan solusi untuk usia penggunaan, masalah karat yang seringkali terjadi pada pipa besi, serta lokasi pemasangan yang tidak menguntungkan.

Pipa HDPE dan pipa PE memiliki kualitas bahan baku yang berbeda, sehingga masing-masing pipa memiliki rekomendasi penggunaan yang berbeda pula. Namun, untuk kualitas yang lebih baik, serta keuntungan yang lebih besar berada pada penggunaan pipa HDPE. Oleh karena itu, untuk hasil yang lebih baik, maka pipa HDPE bisa menjadi pilihan terbaik.

Mengetahui Perbedaan Pipa HDPE dan Pipa PE

error: Content is protected !!