Supplier Pipa HDPE - Info Pipa HDPE

Kelebihan dan Kekurangan dari Pipa HDPE Surabaya

Kelebihan dan Kekurangan dari Pipa HDPE Surabaya – Pipa digunakan sebagai sarana untuk mengalirkan sesuatu. Baik itu sebagai saluran pembuangan, saluran ventilasi, saluran air hingga saluran gas. Semua itu membutuhkan serangkaian pipa yang tepat supaya saluran yang dibuat bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut ada berbagai macam pipa yang bisa dipilih. Mulai dari pipa berbahan besi atau baja, ada juga pipa berbahan beton dan yang paling umum adalah pipa berbahan plastik.

Salah satu pipa berbahan plastik berkualitas tinggi adalah pipa HDPE. Pipa HDPE atau high density polyethylene terbuat dari bahan dasar yang bernama politilen. Bahan ini berasal dari minyak bumi yang mudah untuk didaur ulang. Sebagai pipa yang terbilang ramah terhadap lingkungan, pipa HDPE merupakan jenis pipa yang lebih sering digunakan sebagai saluran air. Alasan lainnya adalah pipa ini bisa ditemukan di kota mana saja, termasuk di Surabaya.

Pipa HDPE Surabaya memiliki kualitas yang sebanding dengan pipa yang terdapat di kota lainnya. Begitu juga soal harga. Harga yang ditawarkan bisa bersaing dengan harga yang ditawarkan oleh took daring maupun took di kota lain. Namun, apa saja kelebihan yang dimiliki oleh pipa ini sehingga sangat direkomendasikan dan dipilih banyak orang sebagai pipa untuk membuat saluran pengairan?

Kelebihan Pipa HDPE

Sebelum membahas kelebihan dari pipa HDPE, maka ada baiknya mengetahui karakteristik dari pipa tersebut terlebih dahulu. Pipa HDPE memiliki tingkat elastisitas yang tinggi. Pipa ini juga memiliki kerapatan yang tinggi sehingga akan menghindari munculnya kebocoran. Tidak heran jika akhirnya pipa HDPE ini digunakan bukan hanya untuk membuat saluran air tapi juga saluran gas. Karena kepadatannya, pipa HDPE mampu menerima tekanan dari luar juga dari dalam.

Adapun untuk kelebihan dari pipa HDPE yang pertama adalah pipa ini awet dan tahan lama. Jika membicarakan pipa berbahan plastik, pipa ini bisa dibandingkan dengan pipa PVC. Meskipun sama-sama pipa plastik tapi bahan dasar kedua pipa ini berbeda. Bahan penyusun pipa PVC tidak sekuat pipa HDPE sehingga menyebabkan pipa ini mudah rusak alias tidak tahan lama. Berbeda dengan HDPE yang bisa bertahan hingga puluhan tahun, tepatnya hingga 50 tahun.

Keawetannya juga terjamin karena mampu bertahan dari serangan panas dan dingin. Di bawah suhu panas, pipa HDPE Surabaya bisa bertahan di suhu hingga 60 derajat Celsius. Pipa ini juga bisa tahan di suhu dingin atau cuaca tidak bersahabat seperti hujan yang lebat. Keawetan pipa ini juga berkat kelenturan bahannya yang sangat elastis dan mudah diarahkan sesuai medan tempat pipa dipasangkan.

Tidak seperti pipa berbahan besi maupun baja yang mengalami korosi atau karatan. Pipa HDPE tidak akan mengalami hal ini. Jadi, jika terus menerus dialiri oleh air pun tidak akan merubah struktur dari pipa tersebut. Berbeda halnya dengan pipa baja dan besi yang akan berkarat seiring berjalannya waktu. Jika sampai ada karatan dalam saluran pipa, maka caiaran terutama air yang dialirkan melalui pipa tersebut tidak akan bersih lagi alias terkontaminasi.

Baca Juga Artikel Ini : Alasan Menggunakan Produk Pipa HDPE

Padahal, air yang disalurkan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bukan hanya sekedar cuci atau mandi saja. Air digunakan untuk memasak dan juga minum. Jika sampai ada bahan korosi di dalam saluran, maka kesehatan pengguna air tersebut akan terancam juga. Itulah kenapa pipa HDPE dipilih. Selain tidak berkarat, pipa HDPE juga tidak mudah berjamur dan bahannya tidak beracun.

Kelebihan dari pipa HDPE selanjutnya adalah pipa ini minim akan kebocoran. Seperti sudah dibahas sebelumnya, pipa HDPE kuat terhadap tekanan tinggi sehingga tidak akan mudah bagi pipa untuk dihancurkan atau mengalami retakan jika tertimba atau ditimbun oleh tanah. Kebocoran juga terhindar karena adanya proses penyambungan yang bagus. Pipa disambungkan dengan proses pemanasan sehingga satu pipa dengan pipa lainnya bisa melekat dengan sangat kuat.

Jika berbicara bobot, pipa HDPE Surabaya memiliki bobot yang ringan. Hal ini memudahkan dalam pemindahan atau mobilitas juga dalam pemasangan. Dengan bobotnya yang ringan, tingkat kelenturan yang tinggi serta ketahanannya terhadap berbagai medan, memungkinkan pipa ini dipasang di tempat-tempat yang sulit untuk terjangkau oleh jenis pipa lainnya.

Kelebihan utama dan yang paling penting dari pipa ini adalah memiliki standar food grade yang dikeluarkan oleh WHO atau World Health Organization. Dengan jaminan ini, maka air yang dialirkan melalui saluran pipa HDPE terjamin kebersihannya. Ini juga menandakan bahwa bahan pipa tidak mengandung racun atau bahan berbahaya lainnya.

Kekurangan Pipa HDPE

Dari segudang kelebihan yang dimiliki oleh pipa HDPE, ternyata pipa yang satu ini juga punya kelemahan atau kekurangannya tersendiri. Kekurangan ini tentu saja tidak berarti pipa HDPE tidak cocok atau pantas digunakan. Semua kekurangan ini bisa diakali dan disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna pipa. Kekurangan pertama dari pipa ini adalah mengenai harganya.

Jika berbicara pipa berbahan plastik, biasanya pipa HDPE akan dibandingkan dengan pipa PVC dan PPR. Jika dibandingkan dengan kedua pipa tersebut, harga pipa HDPE jelas lebih mahal. Bagi orang-orang yang memiliki budget minim, perbedaan harga ini bisa sangat berharga. Namun di saat bersamaan, harga HDPE yang lebih mahal menentukan kualitasnya. Dengan kualitas yang tahan lama, harga yang lebih mahal bisa memberi jaminan di masa depan.

Kekurangannya yang kedua adalah tidak bisa terkena paparan sinar UV/matahari langsung. Meskipun pipa HDPE Surabaya bisa tahan terhadap suhu hingga 60o Celsius, ini tidak berarti pipa boleh terkena paparan matahari langsung. Suhu maksimal di atas adalah suhu maksimal lingkungan serta cairan yang mengalir di dalamnya. Jika terkena matahari langsung, pipa ini justru akan mudah rusak dan tidak akan bertahan lama.

Itulah kenapa saluran pipa HDPE lebih sering ditemukan di dalam tanah. Selain untuk menghindarkan dari sengatan matahari langsung, pipa ini lebih bisa menahan tekanan dari tanah. Akan tetapi, ini tidak berarti pipa HDPE bisa digunakan sebagai saluran pembuangan limbah atau kotoran. Hal ini disebabkan karena proses penyambungannya yang menghasilkan lipatan di dalam saluran. Sedangkan limbah bukan hanya berupa cairan saja tapi ada juga berupa zat padat yang bisa tersangkut di lipatan tersebut.

Meskipun pipa HDPE bisa dipasang di wilayah mana saja, pemasangannya akan sedikit mengalami kendala saat dilakukan di wilayah yang dingin. Permukaan pipa yang licin ketika dingin akan menyulirkan para pekerja pipa untuk melakukan pemasangan. Memang cuaca ini tidak akan mempengaruhi kualitas pipa tapi akan sedikit menghambat pekerjaan. Oleh sebab itu, ketika melakukan pemasangan di tempat yang dingin maka harus dilakukan dengan lebih hati-hati. Baik saat pengangkutan atau pun pemasangannya.

Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh pipa HDPE Surabaya. Kekurangan ini masih bisa diatasi dan diakali bukan berarti akan sangat berpengaruh fatal. Gunakan pipa sesuai kebutuhannya, jangan memaksakan menggunakan pipa bukan pada fungsinya. Seperti pipa HDPE yang lebih cocok untuk saluran air, gas alami dan juga pelindung kabel di dalam tanah.

error: Content is protected !!