Supplier Pipa HDPE - Info Pipa HDPE

Fungsi dan Kegunaan Pipa PPR

Posted by on July 2, 2019 in blog | Comments Off on Fungsi dan Kegunaan Pipa PPR

Fungsi dan kegunaan Pipa PPR! Pipa merupakan sebuah selongsong bundar yang memiliki fungsi untuk dapat mengalirkan fluida cairan atau gas. Terminologi pipa ini biasanya disamakan dengan istilah tube, namun biasanya istilah untuk pipa ini memiliki diameter lebih dari 1/2 inch. Pipa ini termasuk salah satu bagian yang penting pada sistem plumbing. Banyak sekali tipe-tipe pipa, akan tetapi semua itu dibagi berdasarkan fungsi, letak, serta materialnya. Untuk jenis pipa menurut fungsinya, terbagi ke dalam 4 bagian, yaitu pipa saluran untuk air bersih, pipa saluran air bekas, dll.

Perbedaan pada Pipa PPR air kotor serta air bekas yaitu dengan dibedakan dari sumbernya. Untuk air bekas sendiri bersumber pada air bekas pakai maupun air bekas cicilan. Sedangkan untuk air kotor ini merupakan air yang bersumber pada toilet maupun dari urinoir. Intinya yaitu air bekas dapat langsung masuk ke dalam saluran kota, sedangkan untuk air kotor ini akan masuk ke instalasi septic tank maupun STP. Akan tetapi di bawah ini merupakan fungsi dan kegunaan dari Pipa PPR ini.

Fungsi Pipa PPR

Pipa PPR ini berfungsi untuk saluran Supply air bersih yang bertekanan baik air panas maupun dingin. Pipa ini biasa di aplikasikan di dalam maupun di luar dinding rumah atau tanah yang bersifat tidak membusuk dan berkarat karena pengaruh cuaca dan alam. Selain itu juga karena ketebalan dan juga ketahanan akan kondisi  dari cuaca. Pipa pun memiliki keunggulan pada aplikasi saluran yang bersih untuk dapat dikonsumsi. Untuk itu di bawah ini beberapa fungsi serta keunggulan dari Pipa PPR ini.

Sebab Anti Karat
Pipa PPR ini tidak menimbulkan karat yang disebabkan oleh kandungan dalam air ataupun bahan kimia lain yang dapat menimbulkan karat. Untuk itu pipa ini tidak akan mudah berkarat.

Sanitasi
Pipa PPR ini tidak beracun dan tidak akan merubah rasa maupun warna dari semua cairan yang telah melaluinya. Hal ini sangat baik digunakan untuk air bersih ataupun air minum.

Tidak Menghantarkan Nyala Api
Khusus pada Pipa PPR ini jika terbakar titik nyala api tersebut tidak akan diteruskan. Dan titik nyala api pun akan dipadamkan dengan sendirinya.

Keunggulan selanjutnya yaitu memiliki permukaan yang licin, lalu kecepatan aliran yang konstan, kemudian tidak akan menimbulkan endapan kotoran dan tidak mudah untuk tergerus karena partikel serta tahanan aliran yang kecil.

Ukuran Pipa PPR

Pipa PPR di pasaran ini biasanya memakai standard ukuran SDR atau Standard Dimention Ratio dan PN dan Pressure Nominal SDR ini berkaitan erat dengan angka PN. Angka PN inilah yang akan dijadikan sebagai acuan para kontraktor proyek untuk dapat menentukan penggunaan pipa pada jalur distribusi fluida ataupun gas yang bertekanan.

Kegunaan pada tiap ukuran PN :

Pertama ukuran PN 10

Ukuran PN 10  ini berfungsi sebagai saluran air dingin yang bertekanan, dengan tekanan air atau fluida yang mencapai 10 Bar.

Kedua ukuran PN 16

Ukuran PN 16 Pipa PPR ini biasa dipakai untuk supply air baik Itu dingin maupun panas, dengan tekanan yang mencapai 16 Bar. Untuk ukuran yang lebih besar ini biasanya dipakai kalau memang membutuhkan debit air yang lebih besar.

Ketiga ukuran PN 20

Ukuran PN 20 ini untuk air panas bertekanan yang memiliki ketebalan. Dan lebih dibanding yang lain dengan tekanan 20 Bar serta mampu menahan panas yang lebih dari 80˚ Celcius.

Keempat ukuran PN 25

Ukuran PN 25 Pipa PPR ini difungsikan untuk air dingin dan panas. Yang bertekanan lebih dari 20 Bar serta memiliki kekuatan dan ketebalan lebih untuk tekanan-tekanan air yg lebih besar.

Untuk dapat menyambungkan pipa ini pun menggunakan beberapa metode  sehingga tidak dapat asal saja. Untuk dapat menyambungnya apabila kamu tidak ingin menemukan kebocoran maupun pipa pecah. Pipa PPR ini pun memiliki beberapa jenis dimana telah memiliki spesifikasi hingga kekurangan dan kelebihan tersendiri. Oleh sebab itu jika kamu ingin menggunakan pipa ini maka mencari info terlebih dahulu mengenai jenis pipa mana yang ingin kamu gunakan agar sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki.

Kegunaan Pipa PPR secara Umum

Kegunaan pipa ini sangat banyak, yaitu sebagai berikut :

Untuk memenuhi kebutuhan bangunan komersial

Sangat pas jika kamu menggunakan Pipa PPR ini untuk jaringan air panas dan dingin buat bangunan komersial. Yaitu seperti perumahan maupun rumah sakit sehingga kamu dapat mencukupi kebutuhan dalam jumlah yang banyak. Apalagi jika perumahan dan rumah sakit skalanya besar sehingga akan membutuhkan pipa yang mampu memenuhi kebutuhan akan air panas dan air dingin. Sebab untuk sebuah perumahan dan rumah sakit itu tidak hanya satu orang saja yang harus dipenuhi kebutuhan airnya namun banyak orang.

Semakin luas sebuah perumahan dan rumah sakit, maka semakin besar juga kebutuhannya. Jadi akan salah jika Pipa PPR hanya dapat memenuhi kebutuhan dalam skala kecil saja. Karena saat ini banyak sekali supplier pipa yang menjual dalam skala besar, sehingga kamu dapat pilih sesuai dengan kebutuhan.

Dapat digunakan untuk saluran udara yang bertekanan

Pipa ini pun tidak hanya berfungsi untuk menjadi saluran air saja, akan tetapi juga bagus digunakan untuk saluran udara yang bertekanan. Tentunya hal ini akan sangat diperlukan untuk mereka yang bekerja pada bidang industri, mengingat daya tahan pipa ini dapat mencapai 50 tahunan. Penggunaan Pipa PPR di bidang industri sangatlah cocok, mengingat pipa ini sangat kuat dengan tekanan. Sehingga resiko terjadinya pipa bocor ataupun pecah akibat tekanan yang kuat ini tidak akan terjadi. Namun meskipun tahan dengan tekanan yang tinggi diperlukan juga sebuah perawatan agar pipa tidak mudah rusak.

Mengingat semakin lama usia pipa ini maka semakin kurang juga kekuatannya dan pipa ini pun bekerja tidak selancar dahulu. Karena itu sebelum kamu membeli pipa ini pilihlah pipa yang memiliki kualitas tinggi.

Dapat dijadikan sebagai saluran air minum

Salah satu bahan yang akan digunakan pada Pipa PPR ini adalah thermoplastik. Dimana bahan ini sangat aman jika digunakan pada kegiatan yang berhubungan dengan minuman. Jadi jika kamu menggunakan pipa ini sebagai saluran untuk air minum. Maka tidak akan menimbulkan masalah terutama pada kesehatan. Karena bahan ini tidak akan mudah rusak sehingga tidak akan mencemari aliran akibat kandungan  dari bahannya. Ditambah lagi dengan adanya sistem penyambung yang tidak akan menggunakan bahan kimia. Sehingga air pun tidak tercampur dengan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan.

Di atas merupakan penjelasan mengenai keunggulan dan fungsi dari Pipa PPR. Untuk itu kamu jangan khawatir saat membeli sebuah pipa. Kamu bisa menggunakan pipa jenis ini.

Baca Juga Artikel Ini : Perbedaan Antara Pipa HDPE dan Pipa PPR
Baca Juga Artikel Ini : Mengenal Berbagai Jenis Pipa HDPE
Baca Juga Artikel Ini : Alasan Menggunakan Produk Pipa HDPE
Baca Juga Artikel Ini : Mengenal Tentang Pipa PPR Untuk Saluran Air Panas Dan Air Dingin

Mengetahui Perbedaan Pipa HDPE dan Pipa PE

 

error: Content is protected !!