Supplier Pipa HDPE - Info Pipa HDPE

Cara Menggunakan Alat Penyambung Pipa HDPE

Posted by on October 2, 2019 in blog | Comments Off on Cara Menggunakan Alat Penyambung Pipa HDPE

Cara Menggunakan Alat Penyambung Pipa HDPE! Pipa HDPE atau singkatan High Density Polyethylene ialah pipa yang dibuat dengan bahan dari plastik, dikarenakan bahan atau material HDPE yang berasal dari bahan polymer minyak bumi. Polietilena memang mempunyai densitas tinggi atau High Density Polyethylene, merupakan polietilena termoplastik dengan bahan dasar yang terbuat dari bahan dasar minyak bumi. Untuk dapat membuat 1 kg HDPE, dibutuhkan sekitar 1.75 kg minyak bumi.

Pada pipa HDPE memang tidak mempunyai cabang yang banyak, karena adanya pemilihan katalis juga keadaan reaki saat proses produksi. Dengan sedikitnya cabang pada pipa HDPE membuat pipa HDPE memiliki kekuatan tensil dan gaya antar molekul yang memiliki nilai tinggi. Pipa HDPE pun dinilai kuat dan juga bisa bertahan dalam situasi apa pun.

Ada tiga cara menggunakan alat penyambung pipa HDPE yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah proses penyambungan fitting mechanical joint, yaitu cara yang terbilang paling mudah di antara cara lainnya. Cara ini merupakan cara yang direkomendasikan apabila kamu akan menyambungkan pipa yang memiliki diameter 20 mm sampai 63 mm.

Keunggulan dari jenis in fitting mechanical joint atau kamu bisa menyebutnya fitting compression memakai bahan baku dari poli propylene yang akan tahan panas dan juga tidak akan gampang rusak. Keuntungan kedua apabila kamu memakai jenis pipa ini adalah kamu tidak perlu lagi memakai mesin untuk menyambung pipa. Melainkan akan memanfaatkan tenaga mekanis yang dapat dimasukkan ke dalam  kategori mechanical fitting yaitu penyambungan yang memakai flange dan sambungan dengan pemakaian compression fitting.

Keuntungan lainnya dari menggunakan alat penyambungan pipa HDPE dengan pemakaian metode ini memerlukan teknik memutar kunci yang  tidak membutuhkan tukang. Oleh sebab itu, jenis ini dinilai lebih cepat dalam proses pemasangan dan sangat murah juga efisien.

Terdapat bagian penting yang  harus kamu sediakan saat proses penyambungan pipa HDPE. Yaitu, pada bagian yang utama, ialah bagian yang menjadi penopang dalam bentuk kerangka yang tersusun dari draft luar yang memiliki manfaat untuk mengikat compression collar. Agar pada saat penyambungan dilakukan, compression collar tidak akan mudah bergeser. Maka dari itu, kamu benar-benar harus mempersiapkan bagian ini.

Ada pula compression collar sebagai alat penyambung pipa HDPE yang memiliki fungsi untuk menjadi pengikat pita dengan aksesoris sambungan. Karena pada setiap proses penyambungan pasti akan membutuhkan pengikat agar pipa akan kuat tersambung. Kamu dapat melakukan sistem dratting, untuk proses perekatan dengan tujuan agar pipa tidak tergeser.

Union Ring, memiliki bentuk seperti gelang karet. Fungsi dari union ring adalah pencegahan adanya bocor pada bagian yang menjadi sambungan. Jika kamu melewati bagian ini, jadi jangan heran jika pipamu akan mengalami kebocoran. Ada pun ring penjepit yang berguna untuk menahan union ring agar tidak berjalan kemana-mana.

Cara agar proses penyambungan menggunakan alat penyambung pipa HDPE jenis fitting mechanical joint baik dan benar ialah pertama kali, kamu memerlukan untuk membuka bagian dari compression collar kemudian  melepas bagian union ring dari penjepitnya. Setelah itu kamu bisa memasang penjepit dari union ring pada bagian ujung pipa, lalu pasanglah kembali untuk bagian compression collar-nya dan kencangkan memakai tangan maupun alat pengencang lainnya. Kamu bisa melakukan hal yang sama untuk pipa-pipa lainnya yang akan dibuat penyambungan.

Itulah ulasan mengenai alat penyambung pipa HDPE jenis fitting mechanical joint. Masih ada beberapa cara lain, tetapi cara ini memang yang termudah. Untuk mendapatkan semua alat dan bahan, kamu bisa menemukannya dengan lengkap di CV. Karya Pelita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Cara Menggunakan Alat Penyambung Pipa HDPE

 

error: Content is protected !!